Cara Alami Untuk Mengatasi Demam atau Panas Pada Anak

Obat Anak Kecil Tradisional Indonesia | Obat pereda panas dan deman pada anak memang sangat beragam dan mudah didapat. Terkadang para orang tua pun kebingungan mencari obat pereda panas yang sesuai dan aman untuk buah hatinya. Bahkan para orang tua memilih Obat Tradisional Yang tanpa efek samping bagi si kecil. Nah bunda selain dengan menggunakan Obat Tradisional untuk panas pada anak, bunda juga bisa dengan Cara Alami Untuk Mengatasi Demam atau Panas Pada Anak. Simuk yu selengkapnya…

Cara Alami Untuk Mengatasi Demam atau Panas Pada Anak

cara alami menurunkan panas pada anak

Memandikan Anak dengan Air Hangat
Memandikan anak dengan air hangat atau air ruam-ruam kuku, akan membantu bunda dalam meredakan demam pada anak. Ingat yang bun saat si kecil sedang panas jangan memandikan dia dengan air dingin bisa saja si kecil akan menggigil kedinginan. Bunda bisa tambahkan garam mandi atau essential oil seperti lavender oil untuk menenangkan tubuh si kecil. Jika tidak memungkinkan untuk mandi cobalah bunda untuk mengelap tubuh si kecil dengan handuk atau washlap basah yang hangat.

Pijat Anak dengan Ramuan Herbal
Campuran minyak kayu putih dengan 2-3 parut bawang merah dan ditambah seiris jeruk nipis bisa membantu meredakan panas pada anak. Jika menurut bunda kayu putih terlalu keras untuk buah hati bunda maka bisa diganti dengan minyak kelapa, sedangkan jeruk nipis bisa diganti dengan asam jawa. Oleskan dan pijatkan pada tubuh si kecil pada bagian punggung, dada dan perut.

Terapi Kaus Kaki
Caranya masukan kaki ke air panas, kemudian masukkan sepasang kaus kaki katun ke air dingin, peras dan pakaikan sebelum tidur. Kenakan sepasang kaus kaki kering bahan wol di atas kaus kaki yang basah. Terapi ini akan membantu meringankan demam si kecil dengan mengumpulkan darah di kaki, sehingga akan melancarkan peredaran darah.

Dengan Kipas Angin
Seorang dokter mengatakan, kipas angin tidak diarahkan secara langsung pada si kecil karena dapat membantu menurunkan suhu badan anak. Dan anak sebaiknya tidak memakai pakaian yang tebal.

Kompres di Dahi
Mungkin cara ini bunda sudah mencobanya, memang inilah cara umum yang sering dilakukan sejak dulu, karena paling mudah dan efektif.

Pijat Anak dengan Pepper Mint Oil
Pepper Mint Oil sangat bermanfaat untuk meredakan demam pada anak, juga bisa melancarkan hidung yang tersumbat. sinusitis dan gejala lainnya. Pijat dada dan punggung si kecil secara perlahan.

Banyak Minum dan Makanan Pedas
Efek dari demam pada anak adalah dehidrasi. Berikan si kecil minum yang banyak, dan cobalah untuk si kecil memakan makanan yang berkuah kaldu seperti teh, jahe dan madu. Dan jika si kecil suka makanan yang pedas, berilah ia sedikit makanan yang pedas karena bisa membantunya berkeringat dan melancarkan peredaran darah.

Harus Banyak tidur dan beristirahat
Istirahat yang cukup bisa membantu suhu anak mudah reda. Jika si kecil terus aktif bergerak, tubuhnya akan lelah dan temperatur bisa meningkat.

Sekilas mengenai Cara Alami Untuk Mengatasi Demam atau Panas Pada Anak. Semoga bunda lebih bijak dalam mengatasi masalah kesehatan si kecil. Semoga Bermanfaat Terimakasih :)) Salam Sehat !!