Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak Tanpa Pemberian Obat

Obat Anak Kecil | Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak Tanpa Pemberian Obat – Sembelit sendiri merupakan gangguan pada sistem pencernaan dimana terjadi pengerasan tinja yang berakibat sulit untuk dikeluarkan. Kondisi gangguan seperti ini bisa disertai dengan rasa sakit pada perut anak. Sama hal nya dengan orang dewasa, si kecil pun bisa mengalami sembelit ini.

sembelit pada bayiKonstipasi atau sembelit pada anak dan balita ini bisa terjadi dalam beberapa hari, beberapa minggu dan bahkan bisa sampai beberapa bulan. Gangguan seperti ini bisa juga disertai dengan kram perut tapi terkadang tidak di sertai dengan gejala yang jelas sehingga tidak teridentifikasi dalam waktu yang cukup lama.

Penyebab Sembelit Pada Anak

Pada umumnya sembelit pada anak bisa disebabkan oleh pola makan yang kurang tepat. Adapun beberapa penyebab utamanya seperti:

  • Kurang cairan / kurang minum
  • Kurang mendapat asupan makanan yang berserat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan sereal
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang rendah gizi seperti junk foods
  • Genetis atau faktor turunan dari keluarga
  • Tidak selalu rutin buang air besar (BAB), seperti karena sering menahan BAB saat di toilet, sebagian anak biasanya mengalami ketakutan saat masuk kamar mandi sehingga cenderung menahan BAB dalam waktu yang lama dan bisa menyebabkan penumpukkan dan pengerasan tinja pada perut.

Bisa juga karena beberapa kondisi medus yang disertai dengan diare, muntah, atau demam yang bisa mengakibatkan berkurangnya cairan tubuh sehingga mengakibatkan sembelit pada anak. Juga penggunaan berbagai jenis obat dari kelompok morpin, meskipun sangat jarang tapi bisa memicu terjadinya sembelit.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak Tanpa Pemberian Obat

Sebagian besar kasus sembelit pada anak bisa disembuhkan dengan merubah pola hidup dan pola makan. Cara penanganan gangguan ini bisa memakan waktu yang cukup lama, untuk itu diperlukan kesabaran dari orang tua dan komitmen dari anggota keluarga lain untuk mendukung proses penyembuhan pada si kecil ini menjadi sangat penting. Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi sembelit pada anak balita tanpa pemberian obat :

1. Dengan memberikan cairan yang cukup terutama air putih pada si kecil. Karena menurut penelitian, anak pada usia 1-3 tahun memerlukan cairan sekitar 1,3 liter perhari.
2. Pastikan juga si kecil mendapatkan buah-buahan dan sayuran setiap harinya. Adapun Beberapa sayuran dan buah yang direkomendasikan untuk mengobati sembelit pada anak seperti apel, buah pir, aprikot, kurma, pepaya, brokoli, kubis, kacang polong, selada, dan juga kembang kol. Berikan juga anak makanan yang tinggi serat lainnya seperti sereal, dan roti gandum yang utuh.
3. Hindari makanan yang bisa memicu sembelit. Makanan yang rendah serat diyakini bisa memicu terjadinya sembelit seperti nasi putih, keripik kentang, biskuit, dan tidak terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan susu tanpa disertai dengan konsumsi serat yang cukup juga bisa menyebabkan sembelit.
4. Ketahui Penyebabnya. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan saat anak mengalami sembelit atau susah buang air besar. Yang pertama dengan menghilangkan penyebabnya, misalnya sembelit terjadi karena adanya penyumbatan pada usus bagian atas. Nah cara pengobatannya dengan menghilangkan penyumbatan tersebut. Yang kedua pengobatan dengan menghilangkan gejala dari sembelit.

Tapi jika ada luka lecet pada anus anak yang kemudian mempengaruhi terjadinya sembelit, pengobatannya bisa dengan pemberian salep yang berfungsi mengurangi nyeri. Untuk pertolongan pertama saat di rumah, anda bisa mengoleskan minyak kelapa atau baby oil pada anus si kecil. Dan jika sembelit ini terjadi sampai 4 minggu, segeralah untuk membawa si kecil ke dokter. Semoga Bermanfaat:))