Jenis Penyakit Anak Yang Ditandai Dengan Demam

Penyakit Demam Anak atau tubuh panas ialah naiknya suhu tubuh anak karena terjadi sesuatu dan terjadi penyakit tertentu. Sebagai seorang ibu pastinya akan sangat khawatir saat buah hati mengalami demam dan panas. Rasanya ingin segera memberikan Obat Anak Kecil penurun panas agar demamnya cepat hilang. Atau bahkan ingin cepat-cepat ke rumah sakit agar demam sang buah hati bisa diatasi langsung oleh dokter.

penyakit anak yang disertai demam

Pada umumnya demam pada anak disebabkan karena infeksi, baik itu bakteri ataupun virus. Infeksi yang sering ditemui ialah infeksi virus pada penyakit flu dan diare, sementara penyakit lain yang bukan karena infeksi tapi bisa ditandai dengan adanya demam pada anak antara lain :

1. Batuk Pilek Anak
Penyakit ini biasanya disertai dengan demam, namun hal ini tidaklah berbahaya selama batuk tersebut tidak menyebabkan anak menjadi sesak nafas. Pastikan suhu tubuh tidak lebih dari 38 derajat selsius.

2. Tumbuh gigi
Demam juga akan muncul pada saat anak akan tumbuh gigi. Ada rasa nyeri pada gusi karena akan tumbuh gigi dan menyebabkan anak menjadi mudah rewel.

3. Setelah Imunisasi
Pada saat pemberian vaksin bayi terkadang akan menimbulkan efek samping seperti demam ringan. Meskipun sudah diberi pemberitahuan sebelumnya bahwa akan menimbulkan efek samping, tapi masih banyak saja orang tua yang khawatir karena hal itu.

(Baca Juga : Jenis Vaksin Yang Wajib Diberikan Pada anak )

4. Demam Berdarah Dengue
Mengalami gejala hingga mencapai 40 derajat selsius, dan pendarahan ringan serta bintik-bintik merah di kulit, mimisan pada hidung dan gusi akan terjadi jika anak mengalami penyakit tersebut.

5. Tifus
Sebagai masyarakat awam biasanya masih kebingungan membedakan antara gejala demam berdarah dengan tifus. Gejala penyakit tipes biasanya terjadi pada saat usai sekolah. Demam mulai naik di sore hari dan pada malamnya akan semakin meningkat. Dan biasanya berlangsung lebih dari 7 hari.

6. Penyakit Autoimun
Penyakit autoimun seperti lupus, inflammatory bowel-disease, dan artritis reumatoid juvenil biasanya akan menjadikan suhu tubuh anak naik dan demam.

7. Penyakit Kawasaki
Penyakit yang sering menyerang anak-anak keturunan jepang dan korea juga menyerang bagian kulit, mulut dan kelenjar getah bening. Umumnya penyakit ini sering menyerang anak usia 1-2 tahun dengan disertai demam hingga lebih dari 5 hari.

8. Kelamin hormon atau hipertiroid

9. Kanker
Saat anak terkena penyakit kanker, ia juga bisa menderita demam dalam waktu yang lama.

Itulah Penyakit Anak Yang Ditandai Dengan Demam yang mesti anda waspadai, semoga bermanfaat:))