Kebiasaan Orang Tua Yang Membahayakan Anak

Obat Anak Kecil – Pada saat mengasuh dan membesarkan anak, sering kali kita melakukan hal-hal yang tanpa disadari akan menyebabkan bahaya pada anak. Bahkan hal-hal tersebut sudah menjadi kebiasaan bagi para orang tua. Sekarang kita pelajari artikel yang akan menjelaskan kebiasaan-kebiasaan orang tua yang berbahaya pada anak.

1. Melarutkan Susu Formula Anak Dengan Air Panas Dispenser

bayi minum (1)
Pada hal ini memang kebiasaan yang praktis dan cepat. Faktanya air dispenser akan dengan cepat menghasilkan air yang panas, tetapi sayang nya pemanasan air dispenser tidak mencapai suhu titik didih air, kurang lebih hanya 80-90 derajat celcius.
WHO telah menyarankan agar melarutkan susu formula anak dengan air yang sudah mendidih atau pernah dididihkan, bukan berarti harus menggunakannya pada saat mendidih.

2. Pemberian Madu Pada Anak Usia dibawah 1 Tahun

manfaat-madu-untuk-anak
Madu merupakan makanan yang kaya akan manfaat, namun madu ini tidak cocok untuk anak di bawah usia 1 tahun. Karena dapat meningkatkan resiko inflant botulism

3. Menggendong Anak Sambil Merokok

perokok pasif
Masih sering saja kita melihat ayah yang menggendong anak sambil merokok. Asap rokok tentu saja akan mengganggu pernafasan anak. Tidak hanya itu bau dari rokok bekas ayahnya hirup, akan menimbulkan alergi dan mengakibatkan batuk.

4. Memberikan makanan padat atau MPASI terlalu cepat

Mulai_Memberi_Makanan_Padat_Bubur_Bayi
Para orang tua selalu saja khawatit kalau si kecil tidak akan kenyang dengan ASI saja, akhirnya orang tau memberikan makanan padat atau MPASI pada anak sebelum usia 6 bulan. Saluran pencernaan bayi belum mampu mencerna makanan yang padat.
Untuk hal ini para orang tua harus bersabar karena Tuhan menyempurnakan ciptaannya melalui tahapan-tahapan tertentu.

5. Memaksa Anak Untuk Makan

jangan-sering-paksa-anak-untuk-makan-alasannya
Memaksa anak untuk makan dilakukan apabila anak sedang bermain atau memang anak tersebut susah makan. Pada saat anak dipaksa makan, anak bisa saja berontak dan menangis.
Memasukkan makanan saat anak menangis bisa saja membuat anak tersedak karena sebagian makanan masuk ke saluran pernafasan.

6. Mengunyah dan meniup makanan anak sebelum memberikan pada anak

Mendidik-Anak-11
Mulut orang dewasa tidak sellau bersih atau tidak benar-benar bersih. Secara alami, tentu saja banyak terdapat bakteri dan kuman di sana. Mengunyah dan meniup makanan bayi dikhawatirkan akan membuat mikroorganisme yang berada di mulut akan berpindah pada anak.

Bagaimana Mama? Sering melakukan kebiasaan-kebiasaan dia atas? Jangan diulangi yah ma, agar anak kita selalu aman dan sehat di tangan kita:)

Salam Sehat :))

Baca Juga >> Bahaya Anak Duduk Huruf W