Kenali Jenis Penyakit Anak Yang Disebabkan Oleh Jamur

jenis penyakit anak yang disebabkan oleh jamur

Penyakit Anak | Jenis Penyakit Anak Yang Disebabkan Oleh Jamur – Ada beberapa jamur yang biasa tumbuh di sekitar rumah seperti jamur yang tumbuh di lemari kayu, dinding, dan buku yang lembab termasuk jamur yang tumbuh pada makanan kadaluarsa, yang kadang kala bisa memicu gangguan medis termasuk bagi anak. Beberapa jenis jamur tersebut bisa memproduksi allergen yakni suatu komponen yang bisa memicu reaksi alergi bagi si kecil yang sensitif terhadap jamur.

Reaksi alergi adalah gangguan kesehatan yang paling umum dari jamur. Gejala-gejala alergi tersebut bisa nampak langsung atau beberapa saat setelah terjadi kontak dengan jamur baik itu secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui udara.

Gejala Alergi Jamur Pada Anak

Gejala alergi jamur pada anak bisa ditandai dengan hidung yang berair, bersin-bersin, batuk, sesak nafas, mata merah dan berair, kulit yang kemerahan, dan gatal-gatal. Bagi beberapa orang yang mengidap asma dan sensitif dengan jamur, maka kontan dengan bagian jamur bisa memicu serangan asma. Bahkan pada beberapa kasus, gangguan kesehatan karena jamur tertentu tidak hanya dialami oleh mereka yang sensitif terhadap jamur.

Beberapa jenis jamur juga bisa menyebabkan iritasi pada bagian mata, kulit, dan saluran pernafasan. Seperti contohnya jamur hitam ‘Stachybotrys’ yang bisa memproduksi racun yang sering disebut ‘mycotoxins’ dan bisa menyebabkan iritasi terutama pada bagian kulit dan saluran pernafasan.

Bahaya Jamur Bagi Kesehatan anak

Dalam beberapa kasus, anak yang sensitif bisa mengalami kondisi alergi jamur yang akut. Gejala yang biasa terlihat diantaranya adalah demam tinggi dan sulit bernafas. Anak yang memiliki gangguan sistem kekebalan atau yang mengidap penyakit paru-paru akut akan beresiko terkena infeksi jamur pada organ paru-parunya.

Para ahli kesehatan pun mengatakan bahwa sangat sulit untuk memprediksi seberapa parah dampak yang disebabkan oleh serangan jamur pada anak. Untuk itu, sangat disarankan agar orang tua selalu berupaya untuk menjaga kondisi lingkungan tempat tinggal si kecil untuk selalu bersih dan terbebas dari jamur nakal.

Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Serangan Jamur

  • Pastikan rutin dalam membersihkan bagian-bagian rumah, terutama daerah yang kurang terkena sinar matahari. Keringkan bagian lemari atau buku yang terkena percikan air di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
  • Pastikan orang tua membuang makanan yang sudah kadaluarsa atau sudah tidak layak dimakan untuk menghindari tumbuhnya jamur pada makanan tersebut.
  • Bersihkan lemari es secara berkala terutama pada bagian cooler. Jangan dikira kalau jamur tidak bisa tumbuh di lemari es, beberapa jenis jamur bahkan bisa tumbuh subur di beberapa bagian lemari es.
  • Gunakan alkohol 70% atau cairan pemutih untuk membersihkan bagian furniture yang mulai ditumbuhi jamur. Basahi lap dengan alkohol atau cairan pemutih tersebut, peras agar tidak terlalu basah, kemudian lap ke bagian-bagian tersebut. Pastikan agar daerah yang di lap kering sempurna.
  • Jika jamur tersebut tumbuh di dinding, sebaiknya lakukan pengecatan ulang dengan cat anti jamur yang banyak di pasaran. Pastikan untuk membersihkan tembok yang ditumbuhi jamur sebelum melakukan pengecatan.
  • Selalu gunakan masker saat membersihkan jamur, spora-spora jamur bisa dengan mudah terbang di udara dan terhisap masuk ke saluran pernafasan.

Jika Si Kecil Terkena Jamur?

Alergi bukanlah penyakit melainkan reaksi tubuh terhadap suatu benda asing yang dalam hal ini merupakan jamur. Jika si kecil mengalami gejala-gejala alergi setelah kontak dengan jamur, pastikan si kecil jauh dari penyebab jamur, pada kasus ringan, gejala tersebut akan hilang ketika si kecil di jauhkan dari sumber penyebab alergi. Dan jika si kecil mengalami gejala alergi akut, segera bawa dia ke dokter untuk mendapat diagnosa dan penanganan yang tepat. Semoga Bermanfaat:))