Ketahui Cara Awal Mendiagnosis Gejala Asma Pada Anak

Kesehatan anak – Asma merupakan peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran nafas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang. Selain itu, jangan pernah meremehkan penyakit ini, karena bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia. Yang berarti tidak terkecuali terjadi pada anak-anak. Untuk itu, penting bagi para orang tua mendiagnosis asma ketika anak-anak untuk memastikan perawatan yang tepat. Jika anda belum mengetahui bagaimana cara mendiagnosis asma pada anak, simak dibawah ini:

cara-mendiagnosis-gejala-asma-pada-anak

Pemeriksaan fisik
Ketika anak mengalami batuk dan kesulitan untuk bernafas di malam hari, sebaiknya anda sebagai orang tua harus segera berkonsultasi dengan dokter. Munculnya suara bersiul ketika bernafas bisa merupakan temuan umum asma. Melalui pemeriksaan, dokter akan memahami keparahan penyakit. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mendiagnosis asma pada anak.

Gejala non-musiman
Alergi pollen umumnya keliru untuk asma. Sementara gejala serbuk sari terjadi musiman pada masa mekar dari setiap bunga tertentu. Perhatikan gejala yang sangat erta dan hati-hati untuk membuat diagnosis dini.

Sering melakukan infeksi saluran pernafasan
Infeksi pernafasan sering dianggap sebagai faktor resiko untuk pengembangan asma. Infeksi dan radang akan membuat jalan nafas tersumbat, menyebabkan anak kesulitan bernafas. Jadi, jika anak anda mengalami gejala demikian dan bersamaan dengan kseulitan bernafas, anda bisa mendiagnosis anak menderita asma.

Tes spirometri
Dengan spirometri, paru-paru anak diperiksa secara menyeluruh untuk menentukan kapasitas paru-paru. Ini merupakan metode analisis pernafasan yang bisa dilakukan untuk anak-anak di atas usia 5 tahun. Melalu tes ini, dokter bisa mendiagnosis asma dengan benar.

Baca Juga : Pengobatan Alami Asma Pada Anak

Dihembuskan oksida nitrat
Dengan dihembuskan uji oksida nitrat, anda bisa menemukan apakah anak mempunyai peradangan saluran nafas. Sebuah bagian mulut disimpan dan anak harus bernafas ke dalamnya. Nafas dihembuskan dan dikumpulkan kemudian diuji untuk tingkat oksida nitrat. Ini merupakan salah satu cara untuk mendiagnosis asma pada balita.

X-ray dada
Salah satu yang paling mudah dan sederhana untuk cara awal mendiagnosis asma pada anak ialah dengan mengambil x-ray dada. Hal ini bisa dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa. Untuk anak-anak diatas 5 tahum, dada x-ray merupakan metode diagnostis yang mudah dan bisa diandalkan untuk mendeteksi asma.

Itulah mungkin beberapa cara untuk mendiagnosa asma awal pada anak. Jika anda memiliki riwayat keluarga asma, maka kemungkinan lebih anak-anak anda juga bisa sama mengalami masalah asma. Jadi, perhatikan gejala awal asma pada anak-anak anda dan bantulah mereka untuk menjalani hidup yang lebih sehat. Semoga Bermanfaat:))