Khasiat Unik Dari Temulawak Untuk Kesehatan Anak-Anak

Kesehatan Anak | Siapa yang tidak mengenal rempah-rempah Temulawak yang merupakan salah satu keluarga dari rimpang kunyit ini, dan termasuk dalam salah satu daftar bumbu dapur yang juga memiliki kandungan dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, mulai untuk anak-anak sampai untuk orang dewasa.

manfaat-temulawak-untuk-kesehatan-anak

Curcumin yang merupakan kandungan utama yang terdapat pada temulawak memiliki sifat sebagai antioksidan. Kandungan tersebut akan melindungi tubuh anak dari berbagai kerusakan sel dan paparan radikal bebas, selain itu temulawak juga mempunyai peranan penting lainnya karena adanya kandungan curcumin yang tinggi pada rimpang tersebut.

Selain itu, curcumin juga bisa menurunkan kadar beberapa enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan (inflamasi). Penelitian-penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa curcumin bisa bermanfaat untuk beberapa kondisi seperti:

1. Menghilangkan rasa nyeri
Karena adanya kandungan curcumin dalam temulawak merupakan salah satu nutrisi penting yang berperan sebagai analgesik alami. Jika si kecil mengalami demam dan nyeri pada seluruh tubuh dan tidak kunjung membaik meskipun sudah diberikan perawatan medis, cobalah dengan menggunakan pengobatan alami temulawak ini, dan lakukan secara rutin.

2. Dispepsia
Curcumin juga menstimulasi kandung empedu untuk lebih produktif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi turmeric bisa mengatasi gejala kembung, Dan untuk kesehatan anak, bisa membantu melancarkan proses pencernaan.

3. Kanker
Untuk hal ini, diperlukan penelitian yang lebih jauh, karena kanker sebaiknya tetap ditangani dengan terapi. Untuk kesehatan anak, manfaat ini sangat berguna bagi antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh guna mendukung tumbuh kembang anak.

4. Infeksi bakteri dan virus
Pada masa pertumbuhan anak, proses infeksi bakteri dan virus berpotensi mengganggu kelancaran dan optimalisai pertumbuhan anak. Dengan curcumin membantu menekan angka resiko infeksi, jadi curcumin bisa membantu kelancaran proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

5. Uveitis
Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa curcumin bisa membantu mengatasi uveitis sebuah peradangan pada mata. Curcumin dikatakan memiliki efektivitas yang sama dengan kortikosteroid yang biasa diberikan. Pertumbuhan anak akan lebih optimal dengan terhindar dan terbantu dari paparan kondisi uveitis.

6. Menambah nafsu makan
Dan manfaat temulawak yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan nafsu makan anak. Kandungan curcumin kembali lah yang menjadi nutrisi penting untuk menghasilkan manfaat tersebut. Jadi jika anak terdapat sulit makan dan tidak menyukai sayur, maka solusi yang tepat adalah dengan memberikan rimpang temulawak. Anda bisa membuat air rebusan temulawak yang dicampur dengan sedikit madu. Dan jika dikonsumsi secara rutin, maka anda akan melihat anak mempunyai nafsu makan yang baik dan meningkat.

7. Baik untuk tumbuh kembang anak
Selain dengan memberikan makanan gizi yang seimbang, anda juga bisa menambahkan temulawak sebagai tambahannya. Karena kandungan curcumin juga lah yang mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit pada anak.

Mungkin itulah beberapa khasiat dan manfaat yang ditemukan pada temulawak untuk kesehatan anak. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang kesehatan karena sangat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Semoga Bermanfaat:))