Manfaat Unik Dari Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Anak

Obat Anak Kecil | Sayur kangkung merupakan salah satu makanan yang cukup populer dan mudah dijumpai. Bahkan juga sayur kangkung bisa disajikan dengan mudah dan praktis, banyak rumah makan atau resto yang menyajikan olahan ini dengan berbagai variasi.

manfaat-sayur-kangkung-untuk-kesehatan-anakSayur kangkung juga terbilang sebagai menu makanan sederhana tetapi mempunyai citarasa yang luar biasa jika diolah dengan variatif. Apakah anda tahu? dibalik rasanya yang nikmat ternyata kangkung juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan sayuran kangkung ini juga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan anak.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kangkung seperti vitamin A, vitamin C, riboflavin, kalsium dan zat besi yang tentunya mempunyai beragam manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan anak.

Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan Anak

Untuk mencegah kanker
Manfaat sayur kangkung untuk anak yang pertama yakni untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini karena kangkung mengandung karotenoid sebagai antioksidan dengan sifat anti imflamasi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya. Dengan begitu, maka tidak ada salahnya jika kangkung disajikan dalam menu harian anak.

Untuk menyehatkan mata
Kandungan lutein dan karotenoid dalam kangkung juga menjadikan makanan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin akan menghindarkan anak dari resiko terkena penyakit katarak.

Membantu mencegah penyakit diabetes
Dengan kandungan nutrisi yang beragam pada kangkung, menjadikan sayur yang satu ini mempunyai manfaat yang luar biasa untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Untuk itu, sajikan sayuran ini dalam menu harian anak untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Kangkung juga bisa diolah menjadi berbagai masakan yang bervariasi seperti cah kangkung, oseng kangkung, dan kreasi lainnya yang sesuai dengan selera anak. Tapi dalam pengolahannya, sebaiknya anda harus memperhatikan tingkat kehigienisannya dan cara pengolahannya.

Kebersihan dan cara pengolahan ini memang menjadi salah satu faktor yang menentukan kandungan nutrisi yang akan didapatkan oleh anak. Sebaiknya tidak terlalu lama dalam merebus kangkung, karena justru akan merusak kandungan gizinya.

Dalam pengolahannya pun kangkung paling efektif dengan cara ditumis atau dikukus sebagai lalapan. Dan yang paling penting, dalam pengolahannya tidak merusak kandungan nutrisi yang ada. Karena bagaimanapun juga, cara pengolahan yang salah akan membuat kandungan nutrisi menjadi rusak.

Tidak usah ragu untuk memberikan sayuran jenis ini pada si kecil. Kangkung juga bisa disertakan dengan jenis sayuran yang lainnya yang lebih bercariasi sehingga tidak membuat si kecil merasa bosan ketika mengkonsumsinya. Dan yang paling penting, jangan memberikan si kecil kangkung dengan olahan yang sama, karena itu akan membuat anak cepat bosan dan akhirnya malas untuk mengkonsumsinya. Semoga Bermanfaat:))