Mewaspadai Tanda-tanda Anak Kekurangan Gizi

Obat Anak Kecil Mewaspadai Tanda-tanda Anak Kekurangan Gizi | Gizi merupakan kebutuhan pokok bagi anak yang sedang pada masa pertumbuhan. Dengan gizi yang cukup maka anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Gizi yang cukup juga akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan mereka.

Berbagai asupan makanan yang kaya akan kandungan gizi, sudah seharusnya anda berikan pada buah hati anda. Setiap hari seorang anak membutuhkan komposisi gizi, karbohidrat 50-60%, protein 15-20%, lemak 25-35%, dan sisanya vitamin dan mineral untuk metabolisme tubuh.

tanda anak kekurangan giziLalu bagaimana dengan anak yang kekurangan gizi? Dengan kita mengetahui ciri-cirinya maka kita bisa memperbaiki asupan gizi buah hati kita. dibawah ini ada beberapa Tanda anak kurang gizi.

1. Kurus
Jika tubuh si kecil semakin hari semakin kurus atau bahkan tidak mengalami kenaikan berat badan selama 3 bulan, maka anda harus waspada. Sebaiknya segera konsultasikan pada dokter, dan bertanya asupan apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan gizi buah hati anda. Jadi jangan pernah menganggap sepele pada penurunan berat badan si kecil.

2. Kulit kering dan keriput
Selain dari bentuk tubuh yang kurus, anak yang kekurangan gizi juga mempunyai kulit yang kering, bagian pantat anak menjadi keriput, dan perut cekung atau bahkan bisa buncit.

3. Anak Sering Sakit
Buah hati menjadi sering sakit, seperti diare, demam, atau bahkan anemia, dan hal tersebut merupakan indikasi anak kekurangan gizi. Karena penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh asupan gizi yang kurang pada anak.

4. Pasif dan rewel
Anak yang kekurangan gizi juga biasanya tidak aktif dan lambat dalam memberikan respon atas apa yang terjadi di sekelilingnya. Mereka juga seringkali tidak memberikan respon terhadap apa yang orang lakukan atau tanyakan pada mereka. Bukan hanya itu, anak yang kekurangan gizi pun rewel dan mudah sekali menangis.

5. Mata cekung
Dilihat dari matanya pun, mata anak yang kekurangan gizi memiliki bentuk yang cekung dan sayu atau tidak segar. Mata sering terlihat seperti orang yang sedang mengantuk.

6. Rambutnya tipis
Tandan lainnya bisa dilihat dari rambutnya yang tipis, berwarna kemerahan, dan mudah sekali dicabut.

7. Ukur lingkar kepala
Yang selanjutnya perlu diperhatikan ialah lingkar kepala. Periksakan ke dokter secara berkala ukuran kepala si kecil, agar kita bisa mengetahui apakah ukuran lingkar kepala anak kecil atau tidak sesuai dengan usianya.

8. Lemas dan mudah mengantuk
Pada anak yang kekurangan gizi juga biasanya mereka akan mudah sekali mengantul, lemah dan tampak tidak bergairah meskipun banyak yang mengajak dia bermain atau melakukan kegiatan yang sangat mereka sukai.

Itulah parents tanda-tanda anak yang kekurangan gizi. Semoga dijauhkan dari penyakit anak dan tidak terjadi pada anak-anak anda yah.. Untuk itu berikan selalu anak asupan gizi yang cukup agar buah hati kita bisa tumbuh kembang sesuai dengan usianya. Semoga Bermanfaat:))

<< Jenis Penyakit Anak Yang Ditandai Dengan Demam << Artikel Sebelumnya