Penyebab dan Pencegahan Penyakit Bronkitis Pada Anak

Obat Bronkitis Pada Anak | Bronkitis pada anak terjadi saat anak tertular penyakit ini. Bronkitis ini berasal dari kata bronkus dan itis, bronkus yang berarti saluran nafas besar, dan itis yang berarti istilah medis yang menunjukkan adanya reaksi peradangan. Radang atau peradangan ialah reaksi tubuh terhadap berbagai hal. Dan infkesi virus ialah penyebab terserang radang saluran nafas.

Saat ada reaksi peradangan pada saluran pernafasan, maka area tersebut akan seperti kemerahan, bengkak, dan memproduksi lendir yang cukup banyak. Jadi, batuk dengan dahak yang banyak merupakan salah satu gejala dari penyakit bronkitis pada anak.

penyebab dan pencegahan bronkitis pada anak

Penyebab dari bronkitis pada anak pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Jika batuk berlangsung dalam waktu yang lama, bisa juga karena alergi. Kadang kala pada kasusu tertentu, bronkitis pada anak tidak berbahaya dan bahkan akan sembuh dengan sendirinya.

Sedangkan untuk orang dewasa, merokok bisa menjadi penyebab bertambah parahnya bronkitis pada orang dewasa. Jika orang tua merokok, kemungkinan besar anak kecil, bayi yang menghirup asap rokok juga anak-anak yang sebelumnya sudah memiliki masalah dengan paru-paru dan jantungnya bisa beresiko terserang bronkitis akut.

Sebagai pencegahan penyakit bronkhitis pada anak, orang tua atau orang yang lebih besar dari anak kecil harus bisa mengajarkan pada anak-anak bagaimana membasuh tangan secara benar agar menjauhkan dari penyebaran bakteri dan virus penyebab penyakit bronkitis pada anak, membatasi agar tidak menghirup polusi udara, dan juga direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin flu.

Kadang kala gejala penyakit bronkitis pada anak hampir sama dengan penyakit yang lainnya. Namun yang perlu diperhatikan ialah perubahan suara yang menjadi serak. Apabila ini terjadi, akan sangat memungkinkan anak tidak menderita penyakit bronkitis, karena bisa saja suara serak tersebut dikarenakan adanya reaksi peradangan pada pita suara.

Penyakit bronkitis pada anak biasanya terjadi karena infeksi virus, dan akan sembuh dengan sendirinya, bahkan kondisi ini pada umumnya tidak berbahaya. Lakukan terus pemeriksaan, dan jika anak mengalami sesak nafas segera bawa ke dokter.

<< Obat Tradisional Penyakit Bronkitis Pada Anak <<