Penyebab mimisan pada anak

mimisan

obat anak kecil – Mimisan atau epistaksis adalah suatu kondisi dimana darah keluar dari hidung, baik itu secara tiba-tiba atau pun karena benturan. Pendarahan ini dapat berupa aliran darah yang yang banyak atau sekedar komplikasi ringan. Mimisan biasanya tidah berbahaya selama anak masih terlihat sehat, aktif bergerak dan juga tidak disertai dengan demam.

Mimisan atau epistaksis artinya pendarahan dari hidung. Di hidung terdapat banyak pembuluh darah halus, terutama pada daerah cuping. Pembuluh darah itu dapat pecah jika terdapat faktor-faktor pencetusnya. Pecahnya pembuluh darah balik, baik depan maupun belakang mengakibatkan keluarnya darah dari hidung. Saat itulah terjadi mimisan.

Anak-anak rentan terhadap mimisan itu karena selaput lendir dan pembuluh darahnya masih sangat sensitif. Penyebab mimisan pada anak yang paling sederhana ialah seperti kebiasaan mengupil, kelembaban yang rendah sampai adanya benturan atau trauma tertentu. Peristiwa ini sering terjadi pada anak-anak dan ini tidak berbahaya karena dapat berhenti dengan sendirinya. Namun dalam kasus tertentu apabila mimisan sering terjadi atau terus menerus maka akan menimbulkan bahaya dan harus segera ditangani dengan benar. Dan ini Penyebab lain dari mimisan pada anak.

Penyebab Mimisan pada Anak-anak

mimisan1

Selapu lendir dan pembuluh darah anak yang tipis

Mimisan ini bisa terjadi pada anak karena selaput lendir dan pembuluh darah anak yang masih tipis dan sensitif, sehingga saat ada faktor pencetus seperti trauma ringan seperti mengorek hidung, jatuh atau terpukul, udara dingin atau panas terik yang menyebabkan selaput lendir hidung menjadi kering, keras atau retak, maka darah akan langsung mengucur keluar. Mimisan ini terjadi spontan dan mudah berhenti.

Alergi

Anak usia di bawah 5 tahun, cenderung lebih mudah mengalami alergi yang ditandai dengan bersin-bersin, flu yang terkadang disertai dengan batuk berdahak dan nafas berbau. Bersin dan flu dapat mengakibatkan mimisan.

Infeksi

Mimisan pada anak ini terjadi karena adanya infeksi, terutama di daerah hidung. seperti contoh infeksi sinus yang menyebabkan pembuluh darah melebar. Pada umumnya darah akan keluar dari hidung, tapi terkadang darah tidak keluar dari hidung melainkan tertelan ke tenggorokan.

Penyebab lainnya seperti :

  • Suhu udara yang ekstrem, baik itu terlalu panas ataupun terlalu dingin.
  • Hidung yang terbentur benda keras atau terjatuh.
  • Masuknya benda-benda kecil di dalam hidung yang membuat hidung mengalami
  • pendarahan.
  • Terlalu lelah bermain.
  • Terlalu kencang saat membuang ingus atau menghembuskan udara.

Cara Mengobati Anak Mimisan

  • Dudukkan anak dengan tenang dan posisi kepala lebih tinggi dari jantung, jangan berbaring tanpa bantal.
  • Minta anak untuk membungkuk ke depan sedikit dan bernafas dengan mulut.
  • Tekan/jepit semua bagian lunak dari hidung secara bersama-sama dengan jempol dan jari telunjuk.
  • Tekan secara kuat ke arah wajah, dengan menekan bagian yang dijepit pada tulang wajah.
  • Lakukan hal tersebut selam 5 menit, dan ulangi beberapa kali sampai pendarahan berhenti.
  • Kompreskan es batu yang sudah diremukkan dan dibungkus dengan kain pada hidung dan pipi.
  • Jika setelah 15 menit masih tetap berdarah, bawa anak ke dokter atau ke rumah sakit terdekat.

Untuk pengobatan lainnya bisa dengan konsumsi Obat Herbal QnC Jelly Gamat untuk mimisan pada anak.

Semoga Bermanfaat:))